William Shakers

  by

Oleh Ir. H. Heppy Trenggono, M.Kom.

Hari ini, jumat 23 April 2010, rencana untuk bertemu dengan William Shaker sahabat saya di New York saya tunda, jam 7.00 pagi ini saya dengan istri, kakak dan ponakan bergegas menuju Renaisance Hotel New Jersey untuk bertemu Pak Hasan Toha Putra yang kebetulan sedang berada di Amerika Serikat bersama dengan rombongannya. Pak Hasan adalah dewan Pembina IIBF Jawa Tengah, bisa dikatakan dari tangan beliaulah kelahiran IIBF segera diterima secara luas oleh tokoh-tokoh dan pengusaha senior di Jawa Tengah.

William Shakers adalah pengusaha, imigran, pekerja keras, sekaligus anak muda yang inspiring. Dia hidup di New York bersama dengan ibunya yang sudah tua, tidak memiliki saudara satupun kecuali ibunya itu.

Berbeda dengan banyak pengusaha yang saya kenal, William Shaker memiliki usaha yang unik, berjualan kacamata “tiruan” secara online, istilah yang dia pakai adalah “replica sunglasses” sebagai kata ganti dari “imitasi”. Bekerja sendirian dan hanya dibantu dengan seorang karyawan yang dia sebut sebagai “my runner”. Will hanya berjualan secara online, melalui website, tidak memiliki toko dimanapun kecuali di internet.

Bagi saya, yang sangat menarik adalah keberhasilannya membangun bisnis sederhana yang benar-benar bisa menghasilkan uang! Bisnis yang dia bangun telah mengantarkan dia memiliki kehidupan yang mewah, “In New York, You are my guest” begitulah dia selalu mengingatkan saya sambil berjanji akan mengantarkan saya kemanapun di New York dengan mobil mewahnya dan mentraktir selama saya di New York, sebuah kualitas kehidupan yang sangat jarang ditemukan di New York, rata-rata orang di New York bekerja keras untuk hidupnya.

Will sangat concern dengan biaya investasi, untuk membangun websitenya dia mengaku tidak melakukannya sendiri tetapi menggunakan jasa web developer di India yang dia temukan via internet. Memerlukan kerja keras dan kesabaran hingga dia menemukan barang-barang imitasi terbaik dan termurah, dia ceritakan hampir seluruh barang dagangannya berasal dari luar negeri. Bisnisnya beroperasi dengan biaya yang super efisien, dia selalu mengontrol dari belahan dunia manapun dia berada, dan setiap hari ada seorang karyawan yang stand by untuk memfollow up setiap transaksi yang masuk. Dalam beberapa tahun ini Will telah mendapatkan lebih dari 4,000 customer yang 80% diantara mereka adalah pembeli wholesales, pembeli yang membeli secara rutin kepada Will melalui websitenya www.impostercity.com, www.voguewear.com, www.replicawholeshalessunglasses.com, www.nywholesalessunglasses.com. Pelajaran yang kita tangkap dari seorang William Shaker adalah bahwa “keberhasilan bisnis bukanlah tentang apa yang kita lakukan, tetapi tentang bagaimana kita melakukannya”. Saya yakin banyak orang yang bisa memulai bisnis seperti yang dia lakukan, tetapi berapa banyak orang yang bisa membangun bisnisnya hingga benar-benar menghasilkan uang? William Shaker tidak hanya sekedar membuat website dan menunggu order, dia bekerja keras untuk membuat bagaimana caranya agar bisnisnya berjalan dan menghasilkan uang.

Dia melakukan berbagai strategi tentang bagaimana agar orang bisa menemukan websitenya dan tertarik untuk membeli, dia mencari barang-arang terbaik dari seluruh penjuru dunia, dia memastikan bahwa orang yang membeli dari dia mendapatkan harga terbaik dan mendapatkan untung ketika menjual lagi secara retail, dia memastikan setiap order barangnya harus ada dan dikirim dengan cepat, dan memastikan setiap orang yang pernah membeli akan kembali membeli. Pada pertemuan yang terakhir dengan Will tahun lalu, dia mentargetkan untuk menelpon semua pelanggan yang tidak kembali lagi, dan akan menanyakan kepada pelanggannya “Apa yang harus saya lakukan untuk membuat anda membeli kembali kepada saya?” Itulah William Shaker, dan pagi ini Alhamdulillah senang sekali saya bisa bertemu dengan pak Hasan di New Jersey.